Kamis, 22 Juni 2017

pemilihan induk ikan gurame untuk budidaya

induk mencapakahi usia > 3 - 7 tahun. berbeda dengan induk ikan tambakan, total telur induk ikan gurame bergantung dari berat insedihn betina sesemakin besar insedihn betina sesemakin banyak total telur yang tersimpan, perut akan memlingkaran serta relatif penjang dengan warna baserta jelas. sisik-sisiknya bisniskan tidak cacat/lenyap serta masih dalam kondisi tersusun rapi.

induk betina yang cukup usia serta matang kelamin ditkamui dengan perutnya akan membesar ke belakang atau di dekat lubang dubur. terhadapnya lubang bokong akan nampak putih kemerah-merahan. serta apakahbila kita coba buat meraba perutnya akan teras lembek.
ciri-ciri insedihn gurame
induk betina
ikan betina memiliki dharapakahnr sirip dadanya yang gelap atau berwarna kehitsafe, warna dagu ikan betina keputih-putihan atau sedikit coklat, bilalau diletidakkan di lantai tersebutkan ikan betina tidak membuktikan reaksi apakah-apakah.
induk jantan
ikan jantan memiliki dharapakahnr sirip berwarna jelas atau keputih-putihan, memiliki dagu yang berwarna kuning, lebih tebal alih alihnya betina serta menjulur. induk jantan apakahbila diletidakkan terhadapnya lantai atau tanah akan membuktikan reaksinya dengan metode mengangkat pangkal sirip ekornya ke atas.
syarat lokasi budidaya ikan gurame
tanah yang baik buat kolam pemeliharaan merupakan jenis tanah liat/lempung, tidak berporos serta cukup mengandung humus. jenis tanah tersebut bisa menahan massa air yang besar serta tidak bocor sesampai bisa dibuat pematang/dinding kolam.
kemigampang tanah yang baik buat pembuatan kolam berkisar antara 3-5% buat mebeliahkan pengairan kolam semetode gravitasi. ikan gurame bisa tumbuh tata metodel, bilalau lokasi pemeliharaan terletaknya terhadapnya ketinggian 50-400 m dpl.
kualitas air buat pemeliharaan ikan gurame sesegera mungkin bersih serta dharapakahnr kolam tidak berlumpur, tidak terlantas keruh serta tidak kumuh bahan-bahan kimia beracun, serta minyak/limbah pabrik.
kolam dengan kedalsafe 70-100 cm serta proses pengairannya yang mengalir amat baik bagi peningkatan serta pernyebaran fisik ikan gurame. buat pemeliharaan semetode tradisional terhadapnya kolam khusus, debit air yang diperidapnkan merupakan 3 liter/detik, sesertagkan buat pemeliharaan semetode polikultur, debit air yang pkamungan barual merupakan antara 6-12 liter/detik.

keharapakahnman air (ph) yang baik merupakan antara 6,5-8. suhu air yang baik berkisar antara 25-28 derajat c.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar